Mengapa Menggunakan Produk PT. Karuna Sumber Jaya

Melalui penelitian selama bertahun-tahun jauh sebelum ISPM #15 diterapkan pada perdangangan Internasional, Kami telah menyimpulkan bahwa Standard dengan Perlakuan Pemanasan atau Perlakuan Fumigasi dengan Methyl Bromaide tidak akan mampu melindungi Kemasan Kayu secara terus menerus dari serangan reinfestasi Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) di Indonesia.

Pada saat Kemasan Kayu dilakukan Treatment tersebut, Hama dapat saja  Mati akan tetapi Penyakit seperti Jamur Kayu tidak bisa mati karena hanya dipanaskan saja sampai suhu inti kayunya mencapai 56°C selama minimal 30 menit, tanpa memperhatikan kadar air Kayu harus dibawah 20%.

Indonesia merupakan Negara beriklim Unik yaitu Tropis/Panas namun kelembapanya sangat tinggi sekitar 90% untuk daerah tertentu, sehingga sangat berpotensi Kemasan Kayu yang sudah dilakukan Tretment dapat diserang Hama dan Jamur kembali.

Hal ini dikarenakan Metode Treatment HT & MB merupakan metode Non Permanent Treatment sehingga tidak ada efek residu di Kayu dengan demikian Kayu dengan mudah dapat diserang kembali.

Kami telah menemukan suatu Metode Aplikasi yaitu Metode Semi Permanent Immunization Treatment (SPIT®) dengan Aplikasi L8D™. Metode ini akan memberikan Efek residual dalam waktu tetentu  sekitar 1 bulan sehingga Hama tidak akan menyerang Kemasan Kayu tersebut. Apabila dalam waktu 1 bulan Kemasan Kayu belum diekspor maka Kemasan Kayu tersebut akan diimunisasi kembali, begitu seterusnya.

Metode ini telah melalui proses pengujian Efikasi, Residual Efek, Toksisitas serta telah di akui dan diseminarkan pada :

Pengakuan :

  1. UPT Biomaterial LIPI :  Mampu bertahan dari Serangan OPT dan Jamur pada Kemasan Kayu.
  2. UPT Biomaterial LIPI :  Ramah Lingkungan.
  3. BARANTAN : Senyawa Larutan 8 Dewa (L8D™).
  4. HAKI : Hak Patent

Seminar/Presentasi/Makalah :

  1. Badan Karantina Pertanian (BARANTAN).
  2. Para Pelanggan dan telah menggunakan Metode ini.
  3. Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia (MAPEKI).
  4. Kunjungan Rombongan Karantina Jepang.
  5. Surat Penjelasan ke AQIS.
  6. HAKI.
  7. LIPI.
  8. Seluruh Packing Declaration yang diterbitkan ke seluruh Dunia.

logo-ksj2013